ISTILAH-ISTILAH PEMUATAN & LOADING PROCESSED
Approching to inner river :
Proses masuk kedalam sungai
Arrival Condition :
Data-data kedatangan kapal
After part :
Bagian belakng kapal
Anchorage :
Tempat berlabuh kapal
Ahead :
Depan / haluan kapal
Astern :
Buritan kapal
Along side :
Sandar
By ahead :
posisi kapal miring depan
Berthing :
Penyandaran
Bolder :
Tempat mengikat tali di kapal yang terbuat dari besi
Barge :
Tongkang
Bulldozer :
Alat berat yang digunakan untuk pemuatan yang mempunyai rel
Bridge :
Anjungan kapal
Block Chain :
Rantai pemberat yang terdapat pada wire crane
Broken line :
Tali putus
Checking :
Pemerikasaan kapal pada waktu tiba
Clearance out :
Proses penyelesaian keberangkatan kapal
Coal :
Batubara
Completed loading :
selesai pemuatan
Commenced loading :
Permulaan proses pemuatan
Completed discharge :
Proses selesainya pembongkaran secara total / keseluruhan
Cargo :
Muatan
Continued loading :
Pemuatan terus berlanjut
Crew :
anak buah kapal
Captain :
Kapten kapal
Charter :
Penyewa kapal
Cast off :
waktu tongkang lepas tali dari kapal
Clear out :
waktu tongkang lepas tali dari kapal
Crane power :
Starter untuk mesin crane agar hidup
Cherts :
Peta
Departure :
Waktu keberangkatan kapal
Deck :
Bagian kapal
Damage :
Kerusakan kapal
Draft :
Angka yang menunjukan volume kapal
Discharge :
Bongkar
Discharging port :
Pelabuhan bongkar
Description of Good :
Uraian tentang jenis cargo
ETA (Estimate Time Arrival) : perkiraan pada waktu kapal tiba di suatu pelabuhan
ETD (Estimete Time Departure) : perkiraan waktu kapal dating di suatu pelabuhan
Forward part :
Bagian depan kapal
Fender :
Benda dr karet yg digunakan u/ penahan tk pd wkt sandar yg di psg dilambung kpl
Finish cargo :
Proses selesainya sebagian pembongkaran/pemuatan
Freight :
jumlah sewa kapal
Final draft survey :
pengecekan jumlah muatang yang termuat dikapal pada selesai pemuatan
Full out :
waktu tongkang kepas tali sementara karena cuaca buruk
Flood :
Banjir
Full way :
Berjalan bebas
Gangway :
Tangga dikapal untuk naik keatas kapal yang mempunyai mesin untuk naik turun
Grounded :
Kandas
Heaving Line :
Tali buangan
Hose :
Selang / pipa penyambung dikapal
Hatch :
Palka
Hold :
Palka
Handy size ship : Jenis kapal yang
berukuran medium
Hole :
Lubang
Initial Draft
Check : Proses check
draft untuk pemuatan kapal pada saat pertama kapal tiba
Intermediate
Draftcheck : Proses check
draft untuk pemuatan kapal pada saat pertengahan pemuatan
Line :
Tali
Loading :
pemuatan cargo
Loading port : Pelabuhan muat
Lay Time : Jangka
waktu keterlambatan sewa kapal
Loader : Alat
berat yang digunakan untuk pemuatan yang mempunyai bucket dan beroda 4
Lift Up :
Menaikan alat berat / barang
Lift down : Menurunkan
alat berat / barang
Limit Draft : Batas angka
jumlah muatan yang terdapat di pelabuhan bonkar tertentu
LCT (Landing
Craft) : Tongkang kecil
yang khusus untuk memuat alat berat / barang
Lifting :
Mengangkat
Latitude : Lintang
Longitude : Bujur
Measurement : Jumlah berat /
volume muatan kapal
Midship : Bagian
tengah kapal
Mooring Line : Tali untuk
mengikat di kapal
Mother vessel : Kapal Besar
Marine :
Pelayaran
Monkey lader : Tangga yang
terbuat daru tali yang disediakan untuk umum
North :
Utara
NRT :
Berat bersih kapal
Overload :
Kelebihan muatan
On board : Diatas
kapal
Opened hatch : Buka palka
Pilot Lader : Tangga dari
tali & besi yang disediakan untuk pandu
Portside : sisi
kiri kapal
Port of
Discharge :
Pelabuhan bongkar
Port of loading : Pelabuhan muat
Remark loading : Catatan pemuatan
Roger : Istilah
di radio panggil
Raining stopped : berhentinya pemuatan
karena hujan
Resumed loading : Proses mengulangi
pemuatan
Roughsea : Gelombang
Laut
Stopped loading : Berhentinya pemuatan
karena alas an tertentu
Starboardside : Sisi kanan kapal
Started Loading : Proses pemuatan yang
kedua setelah pengambilan cargo pertama dari tongkang
Ship :
Kapal
Refused : Ditolak
Shipping :
Pelayaran
Shifting barge : Proses pindah
posisi tongkang dalam pemuatan
Shifted loading : Proses pindah
pemuatan
Ship on deck : Diatas kapal
Statement of
fact : Catatan
untuk kegiatan pemuatan sehari-hari kapal
Sailing time : Waktu
berlayar
Sailing :
Berlayar
Swell :
Bergelombang
Sling :
Kawat tipis & panjang & ada lubang di kedua ujungnya
Sechkel : Besi
pengait & penahan yang berlubang & mempunyai drat,berbentuk huruf U
Time departure : Waktu berngkat
kapal
Trimming : Proses
perataan pemuatan didalam palka
Transfer
equipment : Proses
pemindahan alat berat
Tally Man : Orang yang
mencatat waktu proses pemuatan
Trim draft : Angka yang
menujukan volume muatan dari hasil
Tide :
Pasang
Upright : Posisi
muatang / cargo rata
Un moored : Waktu
tongkang lepas dari kapal
Wire :
Kawat dari baja/besi u/ dipasang pd alt berat sbg pengait pada waktu transfer
alat
dari kapal ke
tongkang
Wharf :
Deramaga
Winch : Alat
untuk mengikat tali yang bermesin di kapal
Wind :
Angin
Weather : Cuaca
Window time : Waktu menunggu
cargo untuk di terminal penumpukan batubara
Waiting cargo : Menunggu cargo
Law tide : Air
surut
Higt tide : Air
pasang
Apponted : Ditujuk
Anger :
Marah
Behalf : Atas
nama
Behind :
Kebelakang
Brom :
sapu
Bring/brought : Membawa
Meanwhile : Sementara
itu
Increase :
Peningkatan
Lack :
Kekurangan
Filled :
Kekosongan
Inpacts :
Pengaruh
Has :
Sudah
Responsible : Tanggung
jawab
Alongside : tongkang
sandar
Barge cast
off/clear out : Tongkang
keluar / lepas tali
Barge un moored : Tongkang keluar /
lepas tali
Commenced
loading : Proses
pemuatan yang pertama kali di atas kapal
Continued
loading : Pemuatan
masih berlanjut tapi berganti muat ke tongkang lainnya
Completed
loading : Proses
selesainya pemuatan secara keseluruhan
Closed hatch : Tutup Palka
Completed
Discharge : Proses
selesainya pembongkaran
Finish Cargo : Habisnya
sebagian cargo di tongkang
Same above
remark : Sama dengan
di atas
Unable barge to
A/s : Tongkang tidak
bias sandar karena cuaca buruk
Due to bad
weather
Intermediate
Draft check : Proses cek draft
waktu hampir selesai pemuatan
Chief Officer : Mualim 1 (jaga
dikapal mulai jam 4 s/d 8pagi)
Second Officer : Mualim 2 (jaga
dikapal mulai jam 8 pagi s/d 12 siang)
Third Officer : Mualim 3 (jaga
dikapal mulai jam 12 siang s/d 16 sore)
I need heaving line :
Saya perlu tali buangan
Please closed Hatch :
Tolong tutup palka karena hujan
Cause heavy rain
Please disconnect grab for transfer equipment : Tolong buka grabnya untuk transfer alat
Please Connected grab again : Tolong konek lagi grabnya untuk
muat kembali
I need fresh water for stevadors cooking : tolong saya perlu air untuk
buruh masak
I need Cargo light for loading : Saya perlu lampu untuk penerangan
waktu loading
Pleased check the crane is trouble : Tolong cek cranenya karena rusak
Openned Hatch :
Buka palka
What time barge’s come :
Kapan tongkang datang
Daftar chanel
radio :
UMUM DIGUNAKAN KHUSUS DIGUNAKAN
Chanel 8 : 156.400 Chanel
7 : 156.350
Chanel 10 : 156.500 Chanel
9 : 156.450
Chanel 12 : 156.600 Chanel
11 : 156.550
thanks. good information for me.
BalasHapus